Langsung ke konten utama

pepes tahu in a cup

Hi!
Chef Esshi balik bawa resep schootel tahu jamur kearifan lokal, alias pepes tahu jamur 😂😂 Penampakannya mirip schootel soalnya ditaruh di wadah, bukan pakai daun pisang.

Well, ini sebenarnya sebuah ketidak sengajaan. Gue kira si daun pisang masih ada. Ternyata sudah habis dipake bikin lontong beberapa hari yang lalu. Ya sudahlah. Pakai cup aja. Eh malah penampakannya macam dessert box/schootel 😂😂

Okay so without further talks, let's peek the recipe! (Ps. If you aren't speak/familiar with Indonesian language, I put the recipe and steps at the end of the post. Just scroll down until the end of the post.)


Bahan yang dibutuhkan apa saja?

  • 300 gr tahu putih
  • 100 gr jamur tiram, potong sesuai selera
  • 3 lembar daun salam, sobek-sobek
  • 1 genggam daun kemangi
  • 1/2 sdt garam (saya pakai garam less sodium, jadi sedikit saja sudah berasa)
  • 1/2 sdt gula pasir
  • 1/2 sdt kaldu jamur
  • 1 butir telur
  • 8 buah cabe rawit (untuk topping)
  • 2 cup plastik food grade / aluminium foil. Gue pake cup dengan diameter 9.5 cm dan tinggi 5cm. jadi volumenya berapa teman-teman? silahkan dihitung sendiri ya. karena gue juga males ngitung 😂😂
Bumbu halus
  • 7 buah bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1 sdt ketumbar bubuk
  • 4 buah cabe merah
  • 1/2 sdt kunyit bubuk (kalau tidak suka rasa kunyit yg medhok/kuat, bisa dikurangi)


Langkah-langkah
  1. Karena gue tidak suka pepes bertekstur lembut, jadi tahunya gue potong kotak-kotak. Lalu untuk jamur tiramnya gue sobek-sobek saja. Sebelum disobek-sobek, gue bersihkan dulu di air mengalir lalu ditiriskan hingga benar-benar kering. Taruh di satu wadah agak besar biar mudah ketika mencampurnya. 
  2. Haluskan bahan bumbu halus. Terserah mau lu uleg kek mau lu hancurin di food processor kek, terserah. Pokoknya halus. Nggak punya ulegan dan food processor? Masukin itu calon bahan halusnya ke dalam plastik, pukul pake palu atau batu atau apalah benda yang bisa dibuat geprek itu bahan-bahan. Masih tetep nggak ada? Dah pinjem tetangga sonoh ulegannya 😂😂Setelah halus, masukkan di wadah yang berisi tahu dan jamur.
  3. Masukkan bahan-bahan lainnya: garam, gula, ketumbar, daun kemangi, telur dan kaldu jamur. Cup plastiknya jangan masukkan juga ya. itu buat wadah/tempat pepesnya, okeh? 😂😂
  4. Aduk hingga tercampur semuanya. Note: untuk garam gula-nya bisa ditambah atau dikurangi sesuai selera ya. Kalau gue emang lidahnya tersetting untuk less sugar and salt.
  5. Jika sudah tercampur rata, siapkan cup plastik. Pastikan cupnya sudah bersih ya.
  6. Pada cup: di lapisan bawah sendiri, taruh daun salam, lalu masukkan adonan pepesnya. Jangan penuh-penuh gaes! Sisakan jarak sekitar 1-1.5 cm dari permukaan atas wadah. Kenapa? Karena si tahu kalau dikukus itu ngembang. Kalo lu isi ampe penuh, bisa wassalam lah itu schootel pepes. Luber kemana-mana tjuy 😂😂
  7. Taruh cabe rawit dan beberapa daun kemangi sebagai topping si pepes. Sengaja si cabe rawit tidak gue halusin, biar bisa dimakan ama mereka yang nggak bisa/kuat makan pedas.
  8. Kukus selama 15-20 menit.
  9. Pepes tahu jamur in a cup sudah siap untuk dimakan <3


Cantik ya penampakannya? Ya jelas cantik dong <3 karena memasak itu salah satu bagian dari seni. Kalau penampakannya cantik kan menggugah selera. Jadi makan bisa lahap hap hap nyemnyeem.

Kasih tau gue ya kalo lu recook resep ini. C ya at the next post!

=====

Steamed Tofu and Mushroom With Turmeric Spices in a Cup

Prep time: 15-20 mins
Cook time: 15-20 mins
1 recipe for 4 cup

Ingredients

  • 300 gr tofu
  • 100 gr oyster mushroom
  • 3 pcs bayleafs
  • a handful of fresh basil
  • 1/2 tsp salt (I'm using less sodium salt)
  • 1/2 tsp sugar
  • 1/2 tsp mushroom bouillon
  • 1 egg
  • 8 pcs of cayenne pepper
  • 4 cups of food grade plastic / aluminium foil. I'm using cup with size 5 cm for the height and 9.5 cm for the diameter. 
Ground Spices
  • 7 pcs shallots
  • 3 pcs garlic
  • 1 tsp grounded coriander seed
  • 4 pcs red chilli
  • 1/2 tsp turmeric powder
How to Cook
  1. Because I don't like a soft textured food, so I cut the tofu into a square shapes. You can mash it if you like soft textured food. For the mushroom, I tore it into pieces.  
  2. Put the tofu, mushrooms, ground spices and also others ingredients into a bowl, except the cayenne pepper and bayleaf. Mix it up. 
  3. If it's already mixed well, put it into a cup. You can use plastic cup, aluminium cup or ceramic cup. 
  4. In the cup: put bayleaf on the bottom, and then put the mixed dough until almost full (3/4 cup).
  5. Put the cayenne and some basil at the top for the topping.
  6. Steam it for about 15-20 minutes.
  7. Steamed Tofu and Mushroom with Turmeric Spices in a Cup is ready to be served :D
======


Regards,
Chef Esshi
June 29, 2020

Komentar

  1. Kreatif .... kyknya enak pakai banget ya ������

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau suka makanan berempah ya jelas enak pakai banget lah, mbak 🤭

      Hapus
  2. Penampakannya bikin ngiler..😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya memang kudunya seperti itu, mbak. Biar gak males makan. Yang dimanjakan tak hanya lidahnya, matanya juga 😁

      Hapus
  3. Fotonya mengundang seleraaaaa. Kl deket, udh ta samperin nih, Tut.

    BalasHapus
  4. Harus dicoba ni. Saya penggemar tahu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah jelas itu kak. Lagipula tempe tahu itu luas penggunaannya 😊

      Hapus
  5. Yuumm.. Thank you for the recipe..

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Intro

Hi! Selamat datang di dhapure! mak esshi.  Siapa sih mak esshi? Ya gue sendiri lah hehe. Disini gue mau nulis tentang permasakan. Selain resep-resep, recook dari resep-resep yang sliweran di internet, gue juga suka membahas tentang Healthy Lifestyle. Beberapa resep yang gue recook, bakalan gue bahas juga dari segi baik atau tidaknya bagi tubuh. Karena sesungguhnya, obat dari segala penyakit yang ada di dunia ini berada di dekat kita sendiri: makanan sehat. Gue memang bisa dikatakan tidak kompeten jika berbicara mengenai gizi, karena gue tidak mengenyam sekolah gizi. Namun gue memiliki background kesehatan yang bisa dikata nggak bagus, dan gue terselamatkan karena mengganti pola makan gue yang dulu gak karuan dan kini menjadi lebih sehat. Kalau dari segi bahasa kerennya, Clean Eat Diet. Jadi sedikit banyak gue bakalan membahas diet-diet yang ada di sekitar kita. "ah mak.. kamu coba-coba diet ya? hati-hati kalo nggak cocok ama badanmu nanti ada kenapa-kenapa" Kalau u

Ketika yang tersayang jatuh sakit, kudu gimana dong?

Dua hari yang lalu tuh, anak gue tiba-tiba aja muntah. Dugaan terbesar dari penyebabnya adalah dia masuk angin, atau bahasa kedokterannya adalah common cold. Istilah masuk angin itu hanya ada di Indonesia aja lho. Kalo di luar negeri kita ke dokter trus ngomong “I guess I’ve got wind inside my body, or enter wind,” bisa auto dipelototin dokternya lu. Penyebab common cold itu apa sih? Ternyata tak lain dan tak bukan karena naiknya kadar asam lambung dalam perut. “yhaaa.. maag dong?” tanyaku ke temen gue yang dokter. “makanya kalau habis muntah, jangan dikasih minuman manis dan asam. Kasih jahe anget. Pasti mendingan tuh,” kata dia. Lalu pembicaraan kita lanjut menjadi sesi tanya jawab dan observasi, mengapa anak gue bisa muntah.  Gue akuin, beberapa hari terakhir anak gue malas banget tidur siang. Gak mau tidur kalo gue gak nemenin. Walo gue amukin ampe maknya berubah jadi singa pun, tetep aja ai don ker mom. Padahal, untuk anak-anak tuh yang namanya tidur siang adalah penting. Khusus b

Kulit Gyoza Praktis

Banyak yang tanya tentang resep kulit gyoza ke gue. Kok bisa bikin kulit gyoza tipis bagus gitu. Tipsnya bagaimana? Tipsnya ya, gilaslah setipis mungkin! Hahaha.  Sebelum menemukan formula yang pas, gue memang bolak balik mencoba beberapa resep yang beredar di internet. Hingga akhirnya diriku menemukan formula yang pas sehingga bisa membuat kulit gyoza tipis cantik dan lentur. So without further delay, here's the recipe! Bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain: 100 gr tepung terigu serbaguna (sekitar 10 sdm) 30 gr tepung terigu tinggi protein (sekitar 3 sdm) 1/4 sdt garam, atau sejumput aja, sesuai selera 80 ml air panas (sekitar 8-9 sdm) bahan tambahan: Tepung Maizena Cara membuatnya: Masukkan semua bahan keringnya ke dalam mangkok, campur semuanya hingga rata. Masukkan air panas secara perlahan-lahan sambil diaduk-aduk dengan spatula atau sendok. Yang manalah yang kalian punya. Setelah adonan agak dingin dan lumayan menyatu, uleni adonan dengan tangan. Setelah tercampur, diamkan