Langsung ke konten utama

Ketika yang tersayang jatuh sakit, kudu gimana dong?

Dua hari yang lalu tuh, anak gue tiba-tiba aja muntah. Dugaan terbesar dari penyebabnya adalah dia masuk angin, atau bahasa kedokterannya adalah common cold. Istilah masuk angin itu hanya ada di Indonesia aja lho. Kalo di luar negeri kita ke dokter trus ngomong “I guess I’ve got wind inside my body, or enter wind,” bisa auto dipelototin dokternya lu.

Penyebab common cold itu apa sih? Ternyata tak lain dan tak bukan karena naiknya kadar asam lambung dalam perut.
“yhaaa.. maag dong?” tanyaku ke temen gue yang dokter.
“makanya kalau habis muntah, jangan dikasih minuman manis dan asam. Kasih jahe anget. Pasti mendingan tuh,” kata dia. Lalu pembicaraan kita lanjut menjadi sesi tanya jawab dan observasi, mengapa anak gue bisa muntah. 

Gue akuin, beberapa hari terakhir anak gue malas banget tidur siang. Gak mau tidur kalo gue gak nemenin. Walo gue amukin ampe maknya berubah jadi singa pun, tetep aja ai don ker mom. Padahal, untuk anak-anak tuh yang namanya tidur siang adalah penting. Khusus buat anak gue, kalo gak tidur siang, malamnya mudah cranky. Dikit-dikit ngomel padahal penyebabnya sepele. Dicolek aja bisa nyolot.

Selain itu dia lagi malas makan sayur. Padahal maknya ini udah ngasih sayur yang dia demenin: sayuran rebus. Wortel rebus, bayam rebus, kangkung rebus, pokoknya rebus-rebus. Eeeh masih ogah juga, padahal dia yang minta. Alhasil pas sebelum muntah, anak gue minta kukusin bakpao frozen yang dikasih ama budhe gue. Abis makan si bakpao ayam itu, tiba-tiba aja pipi dan mulut anakku merah kayak abis digaruk. 

Gue dan temen gue be like, “waaah ini udah gak bener tuh. Ada apa dengan si bakpao?” 
“elu juga jangan makan bakpao-nya. Lagi drop kan lu? Alergi lu kambuh pan,” kata temen gue. 
“ya tapi kan gara-gara si sabun cuci, sis” 
“tetep aja itu udah masuk kategori drop, karena alergi lu gampang muncul lagi. Itu faktor dari luar, jangan ditambah gara-gara salah makan juga, yo,” tambahnya. 

Jadi hasil konsultasi adalah: imun drop gegara gak tidur siang dan tidak makan sayur. Jadi sayur buah dan tidur siang adalah keharusan! Kalau muntah lagi, kasih kunyit. Kalau masih tetep muntah-muntah, kasih obat anti mual biar bisa makan. Kalau sampai demam, jangan lupa catat perkembangan suhunya. Kalau ada nyeri, segera kasih paracetamol, biar tidurnya nyenyak. 


And the sleepless night and day has started. 

Gue malamnya tidur bangun dengan jeda sejam gegara anak hoak hoek, gantiin baju gue ama dia, ganti sprei juga, ampe yang namanya sprei ganti ada 3x kalo gak salah. Langsung aja rendam di disinfektan biar paginya gue masukin mesin cuci. Dan karena muntahnya udah bentuk air, mau gak mau harus memasukkan sesuatu ke dalam perutnya biar terisi.

Muter otaklah gue buat asupan darurat dia. Gue gak ready camilan atau bubur bayi. Biasanya sih gue selalu nyetok, just in case kalau anaknya susah makan. Tapi yang ready stok hanyalah marie. Si marie ini sifatnya kan manis. Bisa rawan dimuntahin lagi nih.

Akhirnya pakai resep turun temurun dari keluarga papah: telur rebus setengah matang dengan taburan garam dan merica. Untuk meminimalisir mual lagi, gue matengin telurnya. Yakali gue, demen yang lumer gitu telurnya. Tapi musim sakit gini, jangan makan telur half well done deh. Bahaya. 

Alhamdulillah abis diisi si telur, dia gak hoek-hoek lagi dan bisa tidur enak. Maknya gimana? karena itu udah jam 4 pagi, cemana gue bisa tidur ha -___- 

Singkat kata singkat cerita, setelah urusan pagi hari gue selesai, akhirnya gue bisa meluangkan waktu buat dia, “maksa” dia makan, nemenin dia tidur. Ketika bangun tidur siang, lha kok panasnya sampe 38.5 derajat celcius. 

“Huwadu! Banyakin minum air putih. Trus coba tekan ulu hatinya. Tau kan letaknya? Liatin belakang tenggorokan dan juga lipatan mata warnanya seperti apa,” begitu instruksi temen gue pas gue laporan kondisi anak gue saat itu. 

Setelah beberapa observasi dilakukan, akhirnya temen gue memberikan beberapa langkah yang perlu gue lakukan, antara lain: 
  • Beli immune booster. Kalo gue biasanya pake merek Biofos ya. Emang lebih mahal ketimbang punya stimuno maupun imboost. Tapi dia juga ningkatin nafsu makan. Jadi tidak sekedar ningkatin imunitas saja. Ini tidak diendorse ya :P
  • Menu makan: bubur, sayur, buah dan teh daun jambu+angkak. Lho kok pake teh daun jambu dengan angkak? Apakah ada tendensi untuk kena gejala demam berdarah lagi, bathinku. Ya amit-amit jabang bayi lah. Jangan sampai lagi deh. Memang teh daun jambu dan angkak itu booster imun dan trombosit yang cukup cepat sih. Harapannya adalah kalau trombosit berhasil di boosting, gak sampai kena si gejala tersebut. 
  • Minum paracetamol untuk menghilangkan nyerinya. Hal ini dikarenakan ada nyeri dan lebam di pinggang anak gue. Kemungkinan besar karena dia heboh lari-lari lalu jatuh atau terbentur sesuatu tapi ia cuekin aja karena nggak seberapa sakit. 
  • Tidak boleh: makan gorengan, buah yang sifatnya asam, dan untuk sementara tidak boleh susu maupun teh. Makanan dan minuman tersebut sifatnya panas di perut. Jadi bisa meningkatkan inflamasi si lambung lalu berujung ke muntah-muntah lagi. 

Alhamdulillah pagi ini, dan hingga saat ini, anak gue sudah normal kembali suhunya (36.5 derajat celcius). Nyeri di pinggangnya sudah membaik dan dia sudah bisa jalan kedepan belakang, ketawa ketiwi, dan sudah bisa cerewet lagi. Duh itu cerewet bisa dikurangi gak sih, kak? Lega? Jelas lega banget. Karena akhirnya maknya ini bisa istirahat dengan tenang, membalas kekurangan tidur hari-hari sebelumnya. 

Disini gue mau kasih short recap, apabila teman-teman mengalami hal yang sama seperti saya: anak/saudara/orang tua tiba-tiba muntah. Apa saja yang harus teman-teman lakukan? 
  • Jangan panik. Ini penting, karena panik tidak akan menyelesaikan apapun. Jangan panik dan jangan diinterogasi anaknya. Kenapa? Logika aja deh. Kalau kamu yang mengalami hal ini, tiba-tiba dicecar pertanyaan kan yang ada malah sebel. Bisa-bisa malah ngebatin, "orang abis muntah mbok ya bikinin air anget kek apa kek. jangan malah diinterogasi napah?" 
  • Geprek jahe 1-2 ruas, campurkan dengan air panas sekitar 150-200ml. Jangan kasih madu atau manis-manis ya. Takutnya air jahenya akan dimuntahkan lagi. Ingat, rasa manis menambah rasa eneg, jadi rawan untuk dimuntahkan kembali. Rasanya gimana? Ya rasa air jahe tawar, nggak manis nggak asin. Ya rasa jahe lah ya. 
  • Jangan kasih teh. Kan biasanya kalau ada yang muntah, langsung dibikinin teh manis anget kan ya? Mulai sekarang jangan deh. Hal ini dikarenakan sifat teh yang asam, ia akan memperparah kondisi lambung yang sedang inflamasi. Begitupula dengan susu. Ia bisa menambah rasa eneg yang ujung-ujungnya nanti dimuntahkan kembali. 
  • Setelah anaknya enakan dan tenang, baru tanyakan: habis makan apa tadi? Habis ngapain kok bisa muntah? Sambil diingat-ingat apakah ada gejala aneh sebelum ia muntah. Dalam kasus anak gue, ia sempet ada reaksi alergi setelah makan bakpao ayam. Jadi ada kemungkinan keracunan makanan. Oleh karenanya gue kasih air perasan kunyit. Fungsinya apa sih? Fungsinya kunyit itu banyak banget, salah satunya adalah antivirus. Jadi dengan masuknya itu sari kunyit ke dalam tubuh, diharapkan ia bisa menambah imunitas tubuh dan memerangi zat asing ke dalam tubuhnya. 
  • Sabar. Sabar adalah salah satu kunci merawat anak/saudara/ortu yang tiba-tiba jatuh sakit. Terlebih di masa pandemi ini, dimana kita nggak bisa seenak udel berangkat ke klinik atau rumah sakit. Gue beruntung punya sahabat baik seorang dokter, yang mau assist gue secara online kapanpun. Lebih beruntung lagi temen gue ini bukan tipe dokter yang dikit-dikit ngeresepin obat. Ya gimana mau ngeresepin obat, orang dia ini bukan dokter Indonesia. Jadi dia bisa kasih garis besarnya aja dan resep pencegahannya lebih ke cara holistik. Kalau menurut dia harus ditangani langsung secara medis, dia pasti sudah saranin gue berangkat ke UGD. 
  • Yang terpenting dari itu semua adalah: kita sendiri kudu sehat. Merawat orang sakit itu melelahkan. Oleh karena itu kita sendiri juga kudu sehat. Jangan sampai setelah anak/saudara/ortu kalian sembuh, eh malah gantian kitanya yang sakit. Nanti gantian dong siklusnya nggak selesai-selesai. Apalagi dimasa pandemi ini, jangan sampai sakit deh.

Sehat-sehat semua ya, gaes!

Komentar

  1. aku suka jahe, serai, kunyit, madu, kayu manis, jeruk nipis. enakkkk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba jus detox ini: nanas, lemon, mint, sereh. Blender lalu saring. Diminum airnya. Enak tuh 💜

      Fungsi untuk detox lambung dan pernafasan.

      Hapus
  2. Boleh dicoba nih... Salam sehat selalu ya

    BalasHapus
  3. Ini informatif banget Mbak.. Duh makanan frozen-frozen itu kalau kota nggak teliti kadang sudah ada jamurnya.. Sehat terus ya Mbak dan keluarga..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah bener itu. Padahal si bakpao gue liat expired date nya tahun 2021. Barusan dibuat pun tanggal 23 juni 2020 kemarin. So why?

      Satu2nya sebab ya karena drop dan dan kecapekan. Udah ketahuan tersangkanya. Ketahuannya juga karena observasi terus menerus. Alhamdulillah udah turun demamnya jadi bisa lega.

      Hapus
  4. Sykurlah kalau sudah sehat. Tipsnya bagus juga untuk disimpan. Ma kasih yo mbak.

    BalasHapus
  5. Aku juga lebih suka resep herbal/ tradisional. Betuul buatku kunyit ibu segala obat ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggak hanya kunyit sih. Indonesia dikaruniai tanah yang luar biasa subur sehingga banyak rempah-rempah yang berguna untuk tubuh kita. Kita sangat beruntung bisa lahir dan besar di bumi Indonesia, terlepas dari apa yang terjadi di sini sih hehe

      Hapus
  6. Petang Mbak Tutut,
    Ceritanya sudah mengalir bagus. Kronologisnya jelas. Hahahah, kayak ngurusin kasus kejahatan aja ya? Cuma, masih banyak ejaan yang agak berantakan. PR selanjutnya ya memperdalam dan mengulang kembali pelajaran tata bahasanya. Tujuannya hanya untuk memperbaiki mutu penulisan kita. Walaupun hanya berupa curahan hati, tidak salah kalau ditulis dengan baik, tepat dan benar. Ok, lanjut ya Mbak. Pasti banyak cerita yang ingin ditulis dan diposting di blog ke depannya. Terus menulis ya, Mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sore kak Irai.
      Wah rasanya seperti ngurusin kasus kejahatan ya? Mungkin saya suka tayangan genre misteri-detektif makanya pola berfikirnya seperti itu ya.

      Makasih masukannya kak Irai. Saya lama nggak ngeblog dan jarang ada yang memberi masukan seperti ini, jadi saya merasa sangat terbantu sekali. Terima Kasih.

      Pasti saya akan terus lanjut untuk menulis. Karena menulis adalah salah satu cara untuk mengosongkan pikiran yang sliweran. hehe. Makasih kak <3

      Hapus
  7. mantap..thanks tip tipnya..ternyata solusi minum teh nggak tepat ya ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah itulah. ternyata memang nggak tepat.
      memang gue tahu kalau teh memiliki sifat asam yang bisa meningkatkan asam lambung. jadi kalau kita memang punya maag, sangat nggak disarankan untuk ngeteh jika perut kosong, sama seperti kopi. gitu kok ya dipake buat meringankan mual-mual setelah muntah ya?

      mungkin postingan berikutnya bisa membahas mengenai teh? sepertinya gue kudu riset dulu *benahi kacamata*

      Hapus
  8. Jadi kayak food poisining ya jatuhnya tut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyup. soalnya ada reaksi alergi itu
      walo ujung-ujungnya memang karena kecapekan dan drop imun juga.

      Hapus
  9. Thanks mba banyak tios yang bisa disimpan dan do share unt pengetahuan

    BalasHapus
  10. Jahe , madu, jeruk nipis , diminum hangat maupun dingin....nikmaaattt

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Intro

Hi! Selamat datang di dhapure! mak esshi.  Siapa sih mak esshi? Ya gue sendiri lah hehe. Disini gue mau nulis tentang permasakan. Selain resep-resep, recook dari resep-resep yang sliweran di internet, gue juga suka membahas tentang Healthy Lifestyle. Beberapa resep yang gue recook, bakalan gue bahas juga dari segi baik atau tidaknya bagi tubuh. Karena sesungguhnya, obat dari segala penyakit yang ada di dunia ini berada di dekat kita sendiri: makanan sehat. Gue memang bisa dikatakan tidak kompeten jika berbicara mengenai gizi, karena gue tidak mengenyam sekolah gizi. Namun gue memiliki background kesehatan yang bisa dikata nggak bagus, dan gue terselamatkan karena mengganti pola makan gue yang dulu gak karuan dan kini menjadi lebih sehat. Kalau dari segi bahasa kerennya, Clean Eat Diet. Jadi sedikit banyak gue bakalan membahas diet-diet yang ada di sekitar kita. "ah mak.. kamu coba-coba diet ya? hati-hati kalo nggak cocok ama badanmu nanti ada kenapa-kenapa" Kalau u

Kulit Gyoza Praktis

Banyak yang tanya tentang resep kulit gyoza ke gue. Kok bisa bikin kulit gyoza tipis bagus gitu. Tipsnya bagaimana? Tipsnya ya, gilaslah setipis mungkin! Hahaha.  Sebelum menemukan formula yang pas, gue memang bolak balik mencoba beberapa resep yang beredar di internet. Hingga akhirnya diriku menemukan formula yang pas sehingga bisa membuat kulit gyoza tipis cantik dan lentur. So without further delay, here's the recipe! Bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain: 100 gr tepung terigu serbaguna (sekitar 10 sdm) 30 gr tepung terigu tinggi protein (sekitar 3 sdm) 1/4 sdt garam, atau sejumput aja, sesuai selera 80 ml air panas (sekitar 8-9 sdm) bahan tambahan: Tepung Maizena Cara membuatnya: Masukkan semua bahan keringnya ke dalam mangkok, campur semuanya hingga rata. Masukkan air panas secara perlahan-lahan sambil diaduk-aduk dengan spatula atau sendok. Yang manalah yang kalian punya. Setelah adonan agak dingin dan lumayan menyatu, uleni adonan dengan tangan. Setelah tercampur, diamkan